Analisis
Strategi Pemasaran
STP
- SEGMENTASI
- TARGETTING
- POSITIONING
MARKETING MIX
•
Product
•
Price
•
Place
•
Promotion
Segmentasi
- Segmentasi Geografik negara, regional, propinsi, kota, kecamatan
- Segmentasi Demografi umur, jenis kelamin, pendapatan
- Segmentasi Psikografik kelas sosial, gaya hidup, kepribadian
- Segmentasi tingkah laku kesempatan, manfaat yang dicari, status pengguna, tingkat pemakaian, status loyalitas
TARGETTING
Kelompok konsumen yang mempunyai
ciri-ciri atau sifat hampir sama (homogen) yang dipilih perusahaan dan yang
akan dicapai dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix).
MANFAAT
TARGETTING
- Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran.
- Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar.
- Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru
- Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin
- Mengantisipasi persaingan
TARGETTING
- Strategi yang Tidak Membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
- Strategi yang Membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
- Strategi yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing).
DIFERENSIASI
- Diferensiasi produk
- Diferensiasi pelayanan
- Diferensiasi personil
- Diferensiasi saluran
- Diferensiasi citra
Positioning
Tindakan merancang penawaran dan
citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan
berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997).
a. Positioning menurut atribut produk.
b. Positioning menurut manfaat.
c. Positioning menurut harga/ kualitas.
d. Positioning menurut penggunaan/
penerapan.
e. Positioning menurut pemakai.
f. Positioning menurut pesaing.
g. Positioning menurut kategori produk.
PRODUCT
DAN PRICE
PRODUCT
- Keragaman produk
- Kualitas
- Desain
- Ciri
- Nama merek
- Kemasan
- Ukuran
- Pelayanan
- Garansi
- Imbalan
PRICE
- Daftar harga
- Rabat/ diskon
- Potongan harga khusus
- Periode pembayaran
- Syarat Kredit
PLACE
DAN PROMOTION
PLACE
- Saluran pemasaran
- Cakupan pemasaran
- Pengelompokan Lokasi
- Persediaan
- Transportasi
PROMOTION
- Promosi penjualan
- Periklanan
- Tenaga Penjualan
- Kehumasan
- Pemasaran langsung
No comments:
Post a Comment