MARHABAN YA SYAHRU RAMADHAN MARHABAN SYAHRU SYIAM

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Sambal Goreng Best Seller

Wednesday, May 17, 2017

Analisis Strategi Pemasaran

Analisis Strategi Pemasaran

STP
  • SEGMENTASI 
  • TARGETTING  
  • POSITIONING
 MARKETING MIX

         Product
         Price
         Place
         Promotion

Segmentasi
  •  Segmentasi Geografik negara, regional, propinsi, kota, kecamatan
  •  Segmentasi Demografi umur, jenis kelamin, pendapatan
  • Segmentasi Psikografik kelas sosial, gaya hidup, kepribadian
  • Segmentasi tingkah laku kesempatan, manfaat yang dicari, status pengguna, tingkat pemakaian, status loyalitas
TARGETTING
            Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri atau sifat hampir sama (homogen) yang dipilih perusahaan dan yang akan dicapai dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix). 
MANFAAT TARGETTING
  •      Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran. 
  •      Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar. 
  •       Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru
  •      Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin  
  •     Mengantisipasi persaingan

TARGETTING
  1. Strategi yang Tidak Membeda-bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)
  2. Strategi yang Membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing)
  3. Strategi yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

DIFERENSIASI
  • Diferensiasi produk
  • Diferensiasi pelayanan
  • Diferensiasi personil
  • Diferensiasi saluran
  • Diferensiasi citra

Positioning
            Tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997).

a.   Positioning menurut atribut produk.
b.   Positioning menurut manfaat.
c.   Positioning menurut harga/ kualitas.
d.   Positioning menurut penggunaan/ penerapan.
e.   Positioning menurut pemakai.
f.   Positioning menurut pesaing.
g.   Positioning menurut kategori produk.

PRODUCT DAN PRICE

PRODUCT
  • Keragaman produk 
  • Kualitas 
  • Desain 
  • Ciri
  • Nama merek 
  • Kemasan 
  • Ukuran
  • Pelayanan 
  • Garansi
  • Imbalan
 PRICE
  • Daftar harga 
  • Rabat/ diskon 
  • Potongan harga khusus 
  • Periode pembayaran 
  • Syarat Kredit
PLACE DAN PROMOTION

 PLACE
  •       Saluran pemasaran
  •       Cakupan pemasaran
  •       Pengelompokan Lokasi
  •       Persediaan
  •       Transportasi

PROMOTION
  •       Promosi penjualan
  •       Periklanan
  •       Tenaga Penjualan
  •       Kehumasan
  •       Pemasaran langsung

No comments:

Post a Comment

PUSAT PRODUKSI KERING TEMPE TERI BERGIZI DAN BERPROTEIN BEST SELLER