KONSEP
PEMASARAN
Teori Pemasaran
Aliran produk
secara fisis dan ekonomik dari produsen ke konsumen.
Suatu proses
sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan
produk yang bernilai kepada pihak lain.
Tujuan Sistem
Pemasaran :
- Memaksimumkan konsumsi
- Memaksimumkan utilitas (kepuasan) konsumsi
- Memaksimumkan pilihan
- Memaksimumkan mutu hidup
- Kualitas, kuantitas, ketersediaan, harga, lingkungan
Efisiensi
Pemasaran
- Pengorbanan yang harus dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran menunjang hasil yang bisa didapatkan dari kegiatan pemasaran tersebut.
- Efisiensi pemasaran dapat dicari dengan menghitung rasio “keluaran-masukan” dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Semakin tinggi nilai rasio keluaran-masukan, maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien.
Fungsi
pemasaran
Fungsi
pertukaran
Produk harus dijual dan dibeli sekurang-kurangnya sekali selama
proses pemasaran
Misal : Produsen > Konsumen
Fungsi Fisis
pengangkutan,
penggudangan, dan pemrosesan produk.
Fungsi
penyediaan sarana
- Informasi pasar
- Standarisasi mutu
- Pembiayaan
- Penanggungan resiko
Resiko Fisis :
angin, kebakaran, banjir, pencurian, kerusakan .
Resiko Pasar : tidak laku, harga jatuh, persaingan ketat
No comments:
Post a Comment