STRATEGI:
- Satu kesatuan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan.
- Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
- Perencanaan dasar suatu aksi yang pilih untuk mencapai suatu tujuan.
- Taktik:
•
memiliki
ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan
dengan strategi,
•
cara
dalam menjalankan rencana tersebut, yaitu teknik yang dipakai untuk
melaksanakan strategi,
•
pada
umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut
JENIS
STRATEGI
•
STRATEGI
STABIL
Tindakan organisasi dengan cara
mempertahankan strategi yang telah ada karena dianggap sudah baik dan tidak
perlu ada perubahan.
•
STRATEGI
PERTUMBUHAN
–
Internal
(pengembangan produk/jasa)
–
Eksternal
(integrasi vertikal, merger)
–
Ekspansi
(pengembangan pasar dan diversifikasi)
•
STRATEGI
PENCIUTAN
Mengurangi kegiatan dan meningkatkan
efisiensi (pengurangan biaya, likuidasi, penjualan saham)
•
STRATEGI
KOMBINASI
Merupakan penggabungan dari ketiga
strategi di atas.
PENGERTIAN
STRATEGI PEMASARAN
•
Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan
terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
•
Sedangkan
strategi dan kiat
pemasaran dari
sudut pendangan penjual (4P) adalah
–
tempat
yang strategis (place),
–
produk
yang bermutu (product),
–
harga
yang kompetitif (price) dan
–
promosi
yang gencar (promotion).
KONSEP
STRATEGI PEMASARAN
- Tujuan akhir dan konsep strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (Total Customer Statisfaction).
- Kepuasan pelanggansepenuhnya
- bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita (penjual) keinginan dari mereka tetapi
- apa yang sesungguhnya mereka (pelanggan) inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.
–
Dari
sudut pandang pelanggan (4C) adalah
–
kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer
needs and wants),
–
biaya
pelanggan (cost to the customer),
–
kenyamanan
(convenience) dan
–
komunikasi
(comunication).
STRATEGI
MARKETING MIX ‘4P’
- PRODUCT: Kualitas, penampilan, tambahan gaya, merek, pengepakan, ukuran, pelayanan, garansi
- PRICE: Daftar harga, potongan, pengecualian, periode, pembayaran, aturan, kredit
- PROMOTION: Iklan, penjualan barang, publisitas
- PLACE: Alur distribusi, peliputan, lokasi, tingkat sediaan, transportasi dll.
MEGA MARKETING
6P OLEH KOTLER
6P OLEH KOTLER
4P plus
•
POWER:
Mengenali, membina hubungan dengan pihak-pihak yang memiliki pengaruh terhadap
pasar.
•
PUBLIC
RELATION: Memikirkan dan menciptakan berbagai cara pendekatan untuk bisa
membangun image/citra yang baik terhadap produk dan jasa dikalangan masayarakat.
UNTUK JASA
9P OLEH BOOMS, BITNER & GEORGE W.R
9P OLEH BOOMS, BITNER & GEORGE W.R
6P Plus
- PEOPLE
- PHYSICAL EVIDENCE
- PROSES
No comments:
Post a Comment