MARHABAN YA SYAHRU RAMADHAN MARHABAN SYAHRU SYIAM

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Sambal Goreng Best Seller

Wednesday, May 17, 2017

STRATEGI PEMASARAN


STRATEGI:
  •         Satu kesatuan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan. 
  •         Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.  
  •         Perencanaan dasar suatu aksi yang pilih untuk mencapai suatu tujuan.
  •         Taktik:
         memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan strategi,
         cara dalam menjalankan rencana tersebut, yaitu teknik yang dipakai untuk melaksanakan strategi,
         pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut


JENIS STRATEGI

         STRATEGI STABIL
            Tindakan organisasi dengan cara mempertahankan strategi yang telah ada karena dianggap sudah baik dan tidak perlu ada perubahan.

         STRATEGI PERTUMBUHAN
        Internal (pengembangan produk/jasa)
        Eksternal (integrasi vertikal, merger)
        Ekspansi (pengembangan pasar dan diversifikasi)     

         STRATEGI PENCIUTAN
            Mengurangi kegiatan dan meningkatkan efisiensi (pengurangan biaya, likuidasi, penjualan saham)

         STRATEGI KOMBINASI
            Merupakan penggabungan dari ketiga strategi di atas.


PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN

         Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
         Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4P) adalah
        tempat yang strategis (place),
        produk yang bermutu (product),
        harga yang kompetitif (price) dan
        promosi yang gencar (promotion).


KONSEP STRATEGI PEMASARAN

  1.      Tujuan akhir dan konsep strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (Total Customer Statisfaction).
  2.      Kepuasan pelanggansepenuhnya
  •      bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita (penjual) keinginan dari mereka tetapi
  •    apa yang sesungguhnya mereka (pelanggan) inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan.
        Dari sudut pandang pelanggan (4C) adalah
        kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants),
        biaya pelanggan (cost to the customer),
        kenyamanan (convenience) dan
        komunikasi (comunication).

STRATEGI MARKETING MIX  ‘4P’

  1. PRODUCT: Kualitas, penampilan, tambahan gaya, merek, pengepakan, ukuran, pelayanan, garansi
  2. PRICE: Daftar harga, potongan, pengecualian, periode, pembayaran, aturan, kredit
  3. PROMOTION: Iklan, penjualan barang, publisitas
  4. PLACE: Alur distribusi, peliputan, lokasi, tingkat sediaan, transportasi dll.

MEGA MARKETING
6P OLEH KOTLER

4P plus
         POWER: Mengenali, membina hubungan dengan pihak-pihak yang memiliki pengaruh terhadap pasar.
         PUBLIC RELATION: Memikirkan dan menciptakan berbagai cara pendekatan untuk bisa membangun image/citra yang baik terhadap produk dan jasa dikalangan masayarakat.

UNTUK JASA
9P OLEH BOOMS, BITNER & GEORGE W.R

6P Plus
  •         PEOPLE
  •         PHYSICAL EVIDENCE
  •        PROSES

No comments:

Post a Comment

PUSAT PRODUKSI KERING TEMPE TERI BERGIZI DAN BERPROTEIN BEST SELLER