Biaya Pemasaran
Biaya pemasaran menunjukkan bagian dari pembayaran
konsumen yang diperlukan untuk menutup biaya yang dikeluarkan dalam proses
pemasaran.
- Biaya transportasi
- Biaya pengemasan
- Biaya penyimpanan/ penggudangan
- Biaya pemesanan
- Biaya merek dagang
- Pajak
- Biaya resiko kerusakan
Saluran
Pemasaran
Jejak perpindahan
barang dari produsen ke konsumen akhir.
Contoh : saluran
pemasaran komoditi Jeruk
Petani >
Tengkulak > Pedagang Pengumpul > Pedagang Pengecer >Konsumen
Margin Pemasaran
- Selisih harga di tingkat produsen dengan di tingkat konsumen.
- Marjin pemasaran berbeda dengan biaya pemasaran meskipun ada kemungkinan besarnya marjin pemasaran sama dengan biaya pemasaran. Terkadang marjin pemasaran lebih kecil dari pada biaya pemasaran karena ada pelaku pasar yang menanggung kerugian.
No comments:
Post a Comment