Strategi pemasaran merupakan suatu proses penting untuk memperoleh keuntungan keunggulan bersaing, yang menuntut partisipasi aktif dari seluruh fungsi bisnis utama dalam organisasi. Untuk mencapai keunggulan bersaing tersebut maka diperlukan proses yang matang yang meliputi analisis situasi pasar ( menganalisis pasar, segmentasi pasar, menganalisis pesaing, dan system informasi pemasaran dan riset ), Mendesain strategi pemasaran ( strategi penetapan pasar dan penentuan posisis strategi pemasaran untuk situasi perencanaan produk baru )dan perencanaan strategi pemasaran, pengembangan program pemasaran ( strategi portofolio produk, strategi penetapan harga, strategi promosi ),implementasi & pengelolaan strategi pemasaran( mendesain organisasi yang efektif implementasi strategi ) dan pengendalian strategi pemasaran yang bersangkutan. Perencanaan strategi pemasaran di bagi menjadi dua yaitu perencanaan jangka pendek ( tahunan ) dan perencanaan jangka panjang ( periode 5 – 10 tahunan ). Aktivitas ini meliputi penilaian situasi, penetapan tujuan, pengembangan sasaran dan penentuan strategi, penetapan program tindakan untuk komponen bauran pemasaran, penyediaan laporan keuangan pendukung ( anggaran dan proyeksi keuntungan dan kerugian ).Selanjutnya, implementasi strategi , proses ini menentukan hasil perencanaan pemasaran. Proses implementasi ini terdiri dari kegiatan yang akan diimplementasikan, bagaimana implementasi akan dilaksanakan, tanggung jawab implementasi dan waktu serta lokasi implementasi. Yang terakhir adalah pengendalian strategi ( proses evaluasi dan pengawasan pemasaran strategis ) yang terdiri dari melaksanakan audit pemasaran strategis, memilih criteria dan ukuran kinerja, kebutuhan dan analisis informasi, dan tindakan dan penilaian kinerja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa strategi pemasaran menuntut partisipasi aktif dari seluruh fungsi bisnis utama dalam organisasi, maka hal tersebut melibatkan pakar pemasaran ikut terlibat dalam tiga hal penting, antara lain berpartisipasi dalam analisis dan perencanaan strategis, menjadi bagian dari tim unit bisnis bersama – sama dengan manajer funsional lainnya melayani konsumen dan mengembangkan serta mengimplementasikan rencana pemasaran strategis untuk pasar yang dilayani organisasi.
No comments:
Post a Comment