MARHABAN YA SYAHRU RAMADHAN MARHABAN SYAHRU SYIAM

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Sambal Goreng Best Seller

Thursday, April 23, 2015

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen

Faktor – faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen ialah:

1. Undang – Undang
Undang – undang ini penting karena merupakan kerangka untuk merumuskan kebijakan dividen (Weston J. F dan Copeland, T.E, 1997:127)

2. Posisi Likuiditas
Perusahaan mungkin tidak dapat membayar dividen karena posisi likuiditasnya. Perusahaan yang sedang berkembang walaupun dengan keuntungan yang sangat besar, biasanya mempunyai kebutuhan dana yang sangat mendesak. Dalam keadaan seperti ini perusahaan dapat memutuskan untuk tidak membayar dividen (Weston J. F dan Copeland, T.E, 1997:127)

3. Tingkat Ekspansi Aktiva
Apabila perusahaan mencari dana dari luar, maka sumber – sumbernya adalah pemegang saham saat itu yang telah mengetahui keadaan perusahaan. Tetapi jika laba dibayarkan sebagai dividen dan terkena pajak penghasilan pribadi yang sangat tinggi, maka hanya sebagian yang tersisa untuk reinvestasi (Weston J. F dan Copeland, T.E, 1997:127)

4. Tingkat Laba
Tingkat hasil pengembalian yang diharapkan akan menentukan pilihan relatif untuk membayar laba tersebut dalam bentuk dividen kepada pemegang saham atau menggunkannya di perusahaan tersebut

5. Tingkat Pertumbuhan Perusahaan
Tingkat pertumbuhan perusahaan yang tinggi, menunjukan bahwa peusahaan memiliki peluang investasi yang menguntungkan. Kondisi tersebut memerlukan dana yang relatif besar (Bambang Riyanto, 2001:268)

No comments:

Post a Comment

PUSAT PRODUKSI KERING TEMPE TERI BERGIZI DAN BERPROTEIN BEST SELLER