MARHABAN YA SYAHRU RAMADHAN MARHABAN SYAHRU SYIAM

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Sambal Goreng Best Seller

Thursday, April 23, 2015

MENGELOLA EXPOSURE EKONOMI DAN EXPOSURE TRANSLASI ( ACCOUNTING EXPOSURE )

MENGELOLA EXPOSURE EKONOMI DAN EXPOSURE TRANSLASI
( ACCOUNTING EXPOSURE )

Arus kas perusahaan multinasional mungkin tetap sensitive terhadap pergerakan nilai tukar ( exposure ekonomi ), sekalipun transaksi – transaksi valuta asing di masa depan telah di hedge. Selain itu, laporan keuangan konsolidasi perusahaan multinasional mungkin juga masih tersekpos terhadap pergerakan nilai tukar ( exposure translasi ).Tujuan khusus dari bab ini adalah :
1.      Menjelaskan bagaimana sebuah MNC dapat meng-hedge exposure ekonominya
2.      Menjelaskan bagaimana sebuah MNC dapat meng-hedge exposure translasinya
Secara umum lebih sulit untuk meng-hedge exposure ekonomi atau exposure translasi secara efektif daripada meng-hedge exposure transaksi, untuk alasan – alasan yang akan dijelaskan dalam bab ini.

MENGELOLA EXPOSURE EKONOMI
            Exposure ekonomi mewakili setiap dampak dari fluktuasi nilai tukar atas arus kas di masa depan sebuah perusahaan. Arus kas korporasi dapat dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar dengan cara – cara yang tidak langsung berkaitan dengan transaksi – transaksi valuta asing. Jadi perusahaan tidak bisa hanya berfokus pada hedging hutang atau piutang valas mereka, tetapi juga harus berusaha menentukan bagaimana arus kas mereka secara keseluruhan akan dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar di masa depan.

Menilai Exposure Ekonomi
            Untuk menilai exposure ekonomi dapat dilakukan dengan cara memisahkan beban operasi ke dalam beban operasi tetap dan beban operasi variable. Nilai dari beban operasi tetap dapat ditentukan sesuai dengan sejarah laporan perusahaan, sedangkan beban operasi variable di tentukan oleh tingkat penjualan perusahaan. Laba sebelum bunga dan pajak dihitung dengan mengurangi laba kotor dengan beban operasi total. Bunga yang terhutang pada bank-bank di Negara yang tidak sensitive terhadap pergerakan nilai tukar. Namun, jumlah yang akan di butuhkan untuk membayar bunga untuk kredit yang di ambil di Negara yang sensitive terhadap pergerakan nilai tukar tergantug pada scenario nilai tukar yang terjadi. Laba sebelum pajak adalah laba sebelum bunga dan pajak di kurangi dengan total beban bunga.
            Kebijakan untuk menaikkan penjualan di Negara yang sensitive terhadap nilai tukar atau mengurangi pemakaian bahan baku dari Negara yang sensitive terhadap nilai tukar akan menghasilkan dampak yang lebih seimbang.

Bagaiamana Restrukturisasi Dapat Mengurangi Exposure Ekonomi
            Restrukturisasi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan penjualan pada Negara yang sensitive terhadap pergerakan nilai tukar, mengurangi ketergantungan pemasokan bahan baku dari Negara yang sensitive terhadap nilai tukar, menambah pinjaman yang berasal dari Negara yang tidak sensitive terhadap pergerakan nilai tukar dan mengurangi pinjaman yang berasal dari Negara yang sensitive terhadap pergerakan nilai tukar, strategi ini diperkirakan akan mengurangi ketergantugan dari pemasok – pemasok yang berasal dari Negara yang sensitive terhadap pergerakan nilai tukar.
            Perlu di kemukakan bahwa sejumlah pendapatan atau biaya mungkin lebih sensitive terhadap nilai tukar dari pada item – item pendapatan atau biaya lain. Oleh karena itu, hanya dengan sekedar menyeimbangkan kuantitas dari pendapatan yang sensitive terhadap fluktuasi nilai tukar mungkin tidak mampu mengisolasi perusahaan dari resiko nilai tukar. Cara yang lebih baik, perusahaan dapat mengevaluasi proposal restrukturisasi operasi dengan membuat proyeksi untuk semua item laporan laba rugi berbasis beberapa scenario nilai tukar.

Menggunakan spreadsheet untuk mempercepat analisis
            Perusahaan dapat menggunakan bantuan computer untuk menganalisis cara mana yang lebih efektif untuk digunakan dalam usahanya mengelola exposure ekonomi dengan memasukkan pertimbangan factor – factor yang mempengaruhi exposure ekonomi dan melihat mana yang paling berpengaruh terhadap perusahaannya, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan terbaik bagi perusahaannya dan bukan mengambil keputusan yang berdampak keuntungan semu.

Isu yang terlibat dalam keputusan Restrukturisasi
            Dalam mengambil keputusan untuk mengelola exposure ekonomi perusahaan harus menjawab beberapa pertanyaan berikut ini :
1.      Haruskah perusahaan meningkatkan atau mengurangi penjualan dalam pasar luar negeri yang baru ?
2.      Haruskah perusahaan meningkatkan atau mengurangi ketergantungan pada pemasok – pemasok asing?
3.      Haruskah perusahaan membentuk atau menjual fasilitas – fasilitas produksi yang ada di luar negeri ?
4.      Haruskah perusahaan menaikkan atau menurunkan jumlah hutang yang didenominasi dalam valuta asing?
Bagaimana merestrukturisasi operasi untuk menyeimbangkan dampak dari pergerakan nilai tukar atas arus kas masuk dan arus kas keluar :
TIPE OPERASI
REKOMENDASI TINDAKAN JIKA VALAS MEMILIKI DAMPAK YANG LEBIH BESAR ATAS ARUS KAS MASUK
REKOMENDASI TINDAKAN JIKA VALAS MEMILIKI DAMPAK YANG LEBIH BESAR ATAS ARUS KAS KELUAR
Penjualan dalam Valas
Kurangi penjualan di luar negeri
Tambah penjualan di luar negeri
Ketergantungan pada pemasok – pemasok asing
Naikkan pesanan dari pemasok – pemasok asing
Kurangi ketergantungan pada pemasok – pemasok asing
Porsi hutang Valas
Tambah hutang valuta asing
Kurangi hutang valas

            Perusahaan dapat tidak sepenuhnya terhindar dari  exposure ekonomi, dalam contoh kejadian seperti berikut :
1.      Saat perusahaan mengambil bahan baku dari Negara lain yang kursnya berada di bawah Negara asal, sehingga perusahaan dapat membeli bahan baku dengan harga yang lebih murah
2.      Apabila perusahaan memulangkan laba yang didapat dari Negara yang tidak sensitive terhadap nilai tukar, maka laba yang diperoleh akan lebih sedikit.

Mengelola Exposure Translasi
            Exposure translasi muncul pada saat sebuah perusahaan multinasional mentranslasikan data – data keuangan dari tiap anak perusahaan ke dalam valuta Negara asal bagi tujuan konsolidasi.  Sejumlah perusahaan multinasional berupaya menghindari exposure translasi dengan mencocokkan kewajiban luar negeri dengan aktiva – aktiva luar negeri.

Pemakaian kontrak forward untuk Meng-hedge Exposure Translasi
            Jumlah laba yang dihasilkan kontrak forward secara pasti akan tergantung pada kurs spot Negara yang sensitive terhadap nilai tukar pada akhir tahun. Jika kurs Negara yang sensitive terhadap nilai tukar mengalami apresiasi sepanjang tahun fiscal, kerugian translasi akan ditutupi oleh keuntungan yang diperoleh dari kontrak forward.

Keterbatasan – keterbatasan dari hedging exposure translasi
1.      Proyeksi laba tidak akurat. Jika ternyata laba aktualnya jauh lebih tinggi, kerugian translasi akan melampaui keuntungan yang dihasilkan dari strategi kontrak forward.
2.      Ketidaktersediaan kontrak forward untuk sejumlah valuta. Perusahaan multinasional yang memiliki anak perusahaan di Negara – Negara kecil mungkin tidak bisa mendapatkan kontrak forward untuk valuta dari Negara tersebut.
3.      Distorsi Akuntansi. Keuntungan atau kerugian dari kontrak forward mencerminkan perbedaan antara kontrak forward dengan kurs spot di masa depan, sementara keuntungan atau kerugian translasi mencerminkan kurs rata –rata sepanjang periode yang bersangkutan. Selain itu translasi tidak bersifat ttax deductible, sedangkan keuntungan dari kontrak forward yang digunakan untuk meng-hedge exposure translasi terkena pajak.
4.      Meningkatknya Exposure Transaksi. Keuntungan translasi Cuma merupakan keuntungan semu; yaitu nilai dolar dari laba valas yang disakian dalam laporan keuangan menjadi lebih tinggi karena valas tersebut telah mengalami apresiasi. Tetapi perusahaan tidak menerima laba tambahan ini jika anak perusahaan tidak memulangkan laba tersebut ke perusahaan induk. Dengan demikian arus kas pada perusahaan induk tidak akan berubah. Sebaliknya, kerugian yang ditimbulkan oleh strategi hedging adalah kerugian riil. Yaitu, arus kas perusahaan induk akan berkurang akibat kerugian ini.Hal ini berarti perusahaan MNC mungkin berhasil mengurangi exposure translasi, tetapi di sisi lain juga meningkatkan exposure transaksi.
Solusi alternative dalam meng-hedge exposure translasi
            Cara terbaik yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam meng-hedge exposure translasi adalah dengan mengungkapkan bagaimana laba konsolidasi mereka telah dipengaruhi oleh fluktuasi nilai tukar. Tetapi sebagian perusahaan MNC tidak ingin menghedge exposure translasinya karena mereka merasa exposure tranlasi tidak relevan.

Kesimpulan
            Exposure ekonomi dapat dikelola dengan menyeimbangkan sensitivitas dari pendapatan dengan sensitivitas dari biaya terhadap fluktuasi nilai tukar. Namun, untuk meraih nilai ini, perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana pendapatan dan bebannya dipengaruhi oleh fluktuasi nilai tukar. Bagi sejumlah perusahaan, pendapatannya lebih rentan terhadap pergerakan nilai tukar daripada biayanya. Perusahaan – perusahaan semacam ini akan lebih mengkhawatirkan apresiasi valuta Negara asalnya terhadap valuta-valuta asing, karena yang menguntungkan dari sisi biaya. Sebaliknya, perusahaan – perusahaan yang biayanya lebih sensitive terhadap fluktuasi nilai tukar dari pada pendapatannya akan mengkhawatirkan depresiasi valuta Negara asal terhadap valuta – valuta asing. Pada saat mengurangi exposure ekonomi, perusahaan tidak hanya mengurangi dampak negative ini, tetapi juga dampak positif yang bisa muncul jika valuta Negara asal bergerak kea rah sebaliknya

            Exposure translasi ini dapat dikurangi dengan menciptakan posisi short dalam valas yang di gunakan untuk mengukur laba anak perusahaan. Kalau valas ini mengalami apresiasi terhadap valuta  induk, dampak yang merugikan laba konsolidasi dapat diimbangi oleh keuntungan dari posisi short tersebut. Jika valuta fungsional anak perusahaan mengalami apresiasi, kerugian dari posisi short akan ditutupi oleh keuntungan translasi. Namun, banyak perusahaan multinasional tidak menyukai hal ini, di mana “keuntungan semu” ditutupi oleh “kerugian kas”.

1 comment:

  1. Gan, izin copy artikelnya untuk mempelajarinya. Artikelnya bgus dan membantu untuk menambah pengetahuan.

    ReplyDelete

PUSAT PRODUKSI KERING TEMPE TERI BERGIZI DAN BERPROTEIN BEST SELLER