MARHABAN YA SYAHRU RAMADHAN MARHABAN SYAHRU SYIAM

GROSIR LANCAR BERKAH (PRODUSEN CAMILAN KHAS INDONESIA) INSTAGRAM

Sambal Goreng Best Seller

Wednesday, April 22, 2015

Visi, Struktur, dan Analisis Pasar

Pasar akan berkembang secara kompleks dan saling berhubungan, hal ini menciptakan tantangan bagi manajer untuk dapat memahami  struktur pasar dan mengidentifikasi kesempatan yang ada.

Pengetahuan mengenai pasar sangat penting dalam menjalankan bisnis dan membuat strategi pemasaran. Pertama, dilihat bagaimana pasar mempengaruhi strategi. Kemudian, kita menguji konsep perpindahan nilai dan bagaimana akibatnya terhadap kesempatan di pasar.

Perpindahan nilai adalah proses pergantian pembelian  barang oleh pelanggan dari produk yang biasa digunakan dengan desain produk baru yang menawarkan nilai lebih. Konsep perpindahan nilai digarisbawahi sebagai suatu kebutuhan tetap untuk pembelajaran organisasional dan pengimplementasian perubahan strategi sebagai respon aktif menangani perpindahan nilai.

Suatu aspek penting yang merupakan orientasi pasar adalah membangun sebuah visi mengenai organisasi pasar dan kemungkinan arah perubahan dimasa datang. Orientasi pasar dilihat sebagai fungsi tanggung jawab bersama dan penting bagi pembuat keputusan. 

Komposisi produk di pasar dapat berubah seiring dengan tersedianya teknologi baru dan memunculkan kompetisi. Contohnya, teknologi faksimili memberikan alternative kepada orang untuk mengirim informasi. Kemudian muncul pesaing baru yang memasuki pasar dan menyebabkan perubahan komposisi pasar. Seperti munculnya teknologi generasi ketiga atau third-generation (3G) yang menyediakan gambar video dan akses internet.

Pasar dapat diartikan ke banyak macam cara dan selalu mengalami perubahan. Pemasar melihat bagaimana kebutuhan konsumen dipertemukan dengan kegunaan dari suatu produk, sehingga membantu dalam melakukan mapping product-market, kemudian mesndiskusikan beberapa pertimbangan dalam membentuk Product-market.

Pemetaan pasar produk (mapping product-market) merupakan cara untuk menambah pemahaman mengenai pasar dan menjelaskan strukturnya.

Gambar 
The Process of Gaining an Understanding of Market



Adanya kemampuan dan keinginan untuk membeli menunjukkan bahwa ada permintaan untuk produk atau jasa tertentu. Suatu product-market mencocokkan orang (sebagai konsumen) dengan kebutuhannya (baik barang atau jasa) kepada kegunaan produk yang dapat memuaskan keinginannya.
Struktur pasar produk di bagi menjadi dua bagian, yaitu Merk perusahaan yang bersaing dengan perusahaan lain(jenis produk umum dan macam-macam produk lain yang ada di pasar yang tergolong dalam kebutuhan yang sama)  dan Tipe dari produk tertentu (pengkategorian/klasifikasi produk yang menawarkan suatu guna yang spesifik kepada konsumen ).

Untuk melakukan mapping product-market, pemasar perlu mengetahui hal-hal tertentu, seperti :Mengidentifikasi minat dari pembeli, Mengetahui ukuran pasar dan karakteristiknya, Mengetahui merk ataupun produk lain yang bersaing untuk memenuhi kebutuhan yang sama pada pasar yang sama.

Pedoman Untuk Mengetahui Pasar Produk dapat menjadi dasar untuk mengidentifikasi keinginan konsumen di pasar produk, karakter dan Ukuran Pasar,kategori Barang/ Merk yang bersaing dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen  yang dimasukkan didalam pasar produk, jika salah satu tipe dari produk adalah sesuai dengan yang lain, kedua produk seharusnya dimasukkan kedalam pasar produk dan pemetaan Produk adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat batas yang mengandung seluruh kategori produk yang relevan dimana semuanya bersaing untuk kepuasan konsumen Ada 3 karakteristik dalam merebut pasar skala besar dari berbagai macam kerumitannya, yaitu fungsi atau penggunaan dari produk diperlukan oleh konsumen,teknologi yang terkandung dalam produk untuk memenuhi fungsi hasrat / keinginan,dan segmen pelanggan yang berbeda menggunakan produk untuk memperlihatkan fungsi khusus.

Analisa kompetitor mempertimbangkan perusahaan dan merk yang bersaing pada minat produk yang sama.Evaluasi berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan competitor. Analisis pasar lebih terfokus pada pengelompokan pasar sesuai dengan target competitor. Prestasinya di masa yang lalu akan sangat berguna bagi dasar pemikiran untuk membandingkan kinerjanya dengan competitor yang lainnya.Ruang lingkup pasar mencakup kemampuan pelanggan dan nilai pasar

Perkembangan pasar dan kegiatan pesaingnya menyangkut hal – hal seperti :kestabilan kondisi industri,Identifikasi pembeli dan pesaing, perkiraan perkembangan industry,system persaingan perusahaan dengan perjanjian,  kekeluargaan, atau hanya mendistribusikan barang, persaingan dalam perubahan,keunggulan pesaing,dan posisi perusahaan.

Tiga hal yang menjadi ukuran dalam pasar adalah kemampuan pasar itu sendiri, perkiraan tingkat penjualan dan bagian – bagian pasar.kemampuan pasar adalah jumlah terbanyak barang hasil produksi yang terjual yang berasal dari berbagai jenis barang yang di produksi pada waktu tertentu. Hal ini termasuk kemampuan perusahaan dalam melayani permintaan pasar. Pasar yang potensial adalah pasar yang memiliki nilai paling tinggi dalam hal penjualan barang yang dihasilkan oleh perusahaan baik dilihat dari sudut pandang umum, tipe barang dan macam barang.

Perkiraan penjualan memperkirakan nilai penjualan untuk bermacam – macam barang yang ada di pasaran di waktu tertentu.Sedangkan kalau perkiraan penjualan pada perusahaan insustri adalah perkiraan berapa jumlah barang yang terjual; perkiraan jumlah barang ini di buat oleh seluruh perusahaan yang menyuplai barang untuk permintaan pasar tersebut. Perkiraan ini biasanya nilainya tidak melebihi nilai sebenarnya  yang ada di pasar  utama. Perkiraan ini bisa juga digunakan untuk memperkirakan penjualan pada semua tingkatan barang, barang yang bersifat umum, dan barang lainnya di masa yang akan datang.

Perusahaan tertentu memperkirakan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan menghitung perkiraan total penjualan barang tertentu yang di jual pada beberapa bagian pasar. Nilai yang didapatkan dari bagian – bagian pasar tersebut  dapat di jadikan dasar perhitungan perkiraan nilai penjualan   dimasa sekarang atau di masa yang akan datang termasuk juga untuk perkiraan penjualan barang yang menjadi andalan perusahaan, harga dolar, dan perkiraan harga untuk pesaing yang lain.

No comments:

Post a Comment

PUSAT PRODUKSI KERING TEMPE TERI BERGIZI DAN BERPROTEIN BEST SELLER